Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Segera Dikukuhkan, Ini Sasaran Karang Taruna Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 05 Oktober 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah Abdul Hafid menegaskan, tugas karang taruna sebagai pilar sosial ialah menjadi wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dibidang usaha kesejahteraan sosial.

"Selain itu, juga upaya pembinaan dan pembangunan di setiap desa/kelurahan yang dilakukan karang taruna merupakan andil nyata menyukseskan visi Kalteng Berkah Gubernur Sugianto Sabran,' ungkap dia, Kamis (5/10/2017).

Guna mencapai sasaran tersebut, lanjut Hafid, karang taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya akan menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungan sekitarnya.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Karang Taruna Kalteng, pascapelantikan dan rakerprov nantinya ialah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Dinas Sosial Kalteng. Isinya, menyinergikan program strategis dari Kementerian Sosial yang bisa dilakukan oleh karang taruna.

"Misalnya pembangunan daerah terpencil, pendataan masyarakat miskin, bantuan bedah rumah, membangun dan mengembangkan UMKM masyarakat," sebut dia.

Upaya terdekat juga akan melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan, Dinas Sosial, dan Badan Pusat Statistik, terkait masyarakat yang berhak menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI). "Itu diintegrasikan dengan program Jamkesda ke program JKN BPJS Kesehatan," pungkasnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru