Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Miliki Enam Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

  • Oleh Rahmad Minarto
  • 05 Oktober 2017 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk miliki enam program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Enam program CSR tersebut meliputi sosial budaya, pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat.

CSR bidang sosial budaya di antaranya memberikan bantuan finansial kepada kelompok masyarakat, mensponsori kegiatan-kegiatan di masyarakat, dan sejenisnya.

CSR bidang pendidikan antara lain memberi bantuan beasiswa kepada siswa sekolah menengah atas untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, memberikan bantuan fasilitas pendidikan, dan lainnya.

CSR bidang kesehatan di antaranya mengadakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu, membangun fasilitas kesehatan di daerah sekitar perusahaan, dan sejenisnya.

CSR bidang lingkungan di antaranya memberikan bantuan finansial untuk mendukung program pelestarian hutan atau lingkungan, memberikan bantuan finansial kepada usaha-usaha yang mengarah pada penggunaan energi alternatif, dan sejenisnya.

CSR bidang infrastruktur di antaranya membangun jalan dan jembatan di daerah tertentu, mendirikan fasilitas ibadah, dan lain sebagainya.

Terakhir, CSR bidang pemberdayaan masyarakat di antaranya membuat kegiatan yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat seperti pelatihan menjahit, memberikan bantuan ternak, perikanan, dan pertanian, serta lain-lain.

Koordinator CSR CBI Group Kharis Nuryanto menuturkan, untuk tahun 2016 lalu, dari enam program CSR yang dilaksanakan PT SSMS Tbk, realisasi tertinggi ada pada bidang sosial budaya dengan persentase mencapai 46%. Disusul pendidikan 21,16%, infrastruktur 18,14%, lingkungan 13,75%, kesehatan 0,46%, dan terakhir ekonomi masyarakat 0,42%.

"Persentase tertinggi ada dibidang sosial budaya. Untuk tahun 2017 ini diperkirakan CSR bidang soasial budaya mencapai di atas 50%," ungkap Kharis saat ditemui di kantornya, Kamis (5/10/2017). (RAHMAD MINARTO)

Berita Terbaru