Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Mura Siagakan 30 Personel untuk Penanganan Karhutla

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 06 Oktober 2017 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sebanyak 30 personel disiagakan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). "Di posko sudah kita siapkan 30 personel dan akan kita turunkan sesuai kebutuhan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Murung Raya (BPBD Mura) Markurius Dani, Kamis (5/10/2017).

Markurius menjelaskan peralatan yang dimiliki pihaknya. "Untuk peralatan yang kami gunakan hanya pompa air sebanyak empat buah di antaranya satu besar, menengah dan yang kecil dua buah. Kemampuan selang mampu mencapai 300 meter," tuturnya.

Selain itu, dua mobil pemadaman beserta lima kendaraan roda dua. Kemudian, untuk jalur yang berada di pinggiran sungai ada speedboat satu unit dan kapal motor satu unit juga.

Menurut Markurius, ada empat kecamatan yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Yakni Kecamatan Laung Tuhup, Murung, Tanah Siang dan Tanah Siang Selatan, "Di empat kecamatan ini yang paling sering muncul titik api. Kalau hujan secara otomatis menghilang, tapi kalau sampai panas dua hari lebih itu bisa mencapai tiga sampai empat titik api," jelasnya.

Kendala yang terjadi saat ini, lanjut Markurius, ada begitu banyak petani di Mura yang membuka lahan dengan cara membakar, karena sampai saat ini belum ada solusi yang tepat untuk mengelola ladang dengan cara tidak membakar. "Kendala kami jika terjadi kebakaran lahan itu salah satunya sumber air yang cukup jauh dari lokasi kebakaran yang mangakibatkan kita kesulitan memadamkan api, terkadang kita memadamkan hanya menggunakan alat seperti kayu atau lainnya untuk memadamkan api dengan cara dipukul-pukul. (RISKI RIVALDO/B-2)

Berita Terbaru