Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Jalankan CSR Demi Ciptakan Hubungan Harmonis Dengan Masyarakat

  • Oleh Rahmad Minarto
  • 06 Oktober 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk terus menggalakkan program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Apa tujuan dari program CSR tersebut

Koordinator CSR Citra Borneo Indah (CBI) Group Kharis Nuryanto, menuturkan bahwa tujuan utama dari program CSR, selain untuk menjalankan undang-undang ialah demi menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, perusahaan menetapkan dua tipe penerima program CSR. Pertama, stakeholder prioritas. Kedua, stakeholder utama.

Stakeholder prioritas adalah masyarakat yang terdampak langsung dengan perusahaan atau yang berada berada di ring I. Sedangkan stakeholder utama adalah karyawan perusahaan itu sendiri.

"Untuk pola penentuan CSR, kita menerapkan sistem bottom-up. Jadi kita terlebih dulu menjaring aspirasi dari masyarakat untuk menentukan jenis CSR yang akan direalisasikan. Bukan dengan sistem top-down (dari atas ke bawah)," ungkap Kharis saat ditemui Borneonews di kantornya, Kamis (5/10/2017).

Hanya, kata dia, sejauh ini aspirasi yang disampaikan masyarakat mayoritas masih berkutat pada masalah sosial budaya. Seperti permintaan bantuan untuk hari besar, bantuan langsung, bantuan pelaksanaan even, dan sejenisnya. (RAHMAD MINARTO)

Berita Terbaru