Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Parebok Minta Pemerintah Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Kelapa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Oktober 2017 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Parebok, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, meminta kepada pemerintah daerah agar memberikan pelatihan pengolahan limbah kelapa. Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki.

"Kami sangat berharap agar diberikan pelatihan pengolahan limbah, tidak hanya kelapa. Namun juga limbah pertanian maupun perkebunan lainnya," ujar Sihab, salah seorang pemuda desa tersebut, Jumat (6/1/2017).

Melalui pelatihan pengolahan limbah pertanian dan perkebunan ini, masyarakat berharap bisa lebih kreatif dalam memberdayakan potensi di sekitar desa. Juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Daerah selatan Kotim sangat terkenal dengan hasil perkebunan berupa kelapa. Selama ini kelapa yang diproduksi warga masih menyisakan banyak limbah yang belum dimanfaatkan secara optimal. Seperti sabut kelapa dan tempurung kelapa.

Umumnya, sabut kelapa dan tempurung kelapa hanya dibakar begitu saja oleh warga. Padahal, sabut dan tempurung kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Namun, masyarakat di wilayah selatan banyak yang belum memiliki keahlian untuk mengolah limbah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru