Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres dan Pemko Bakal Bina Pemuda Jadi Calon Anggota Polri

  • Oleh Budi Yulianto
  • 06 Oktober 2017 - 21:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polres Palangka Raya bersama pemerintah kota bakal membina pemuda untuk disiapkan menjadi calon siswa Polri. Mulai dari tamtama,brigadir, hingga taruna.

Bukti akan melakukan pembinaan telah terlihat nyata ketika Kapolres AKBP Lili Warli Bersama Wali Kota Palangka Raya Riban Satia menandatangani memorandum of understanding (MoU) di ruang kerja Wali Kota, Jumat (6/10/2017).

Kesepakatan itu tentu menjadi peluang emas bagi kalangan pemuda yang ingin mengabdi pada negara sebagai anggota Polri.

"Dengan adanya MoU ini paling tidak fasilitas yang dimiliki pemerintah bisa diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembinaan. Contoh tes kesehatan. Masyarakat yang memiliki BPJS mudah-mudahan bisa digunakan untuk cek up kesehatan. Kedua, kolam renang. Mudah-mudahan juga diberikan keringanan pada saat melaksanakan pembinaan tersebut," kata Lili Warli.

Ia mengingatkan, dalam sistem penerimaan calon siswa polisi, menganut prinsip betah. Yakni bersih, transfaran, akuntable, dan humanis. Oleh sebab itu, Polri akan selektif dalam menyeleksi. "Supaya mampu bersaing makanya perlu dilakukan pembinaan," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota mengatakan bahw selama ini ada keluhan dari warga bahwa sangat sedikit putra daerah yang lolos seleksi anggota Polri. Riban pun menilai dengan adanya kebijakan pembinaan, paling tidak sebagai langkah persiapan menjadi anggota Polri.

Di sisi lain, Wali Kota juga akan menggelar sosialisasi supaya pemuda yang berminat dapat mempersiapkan diri. Mulai dari menjaga fisik hingga kesehatan. "Contoh, menjaga gigi dan lain-lain. Orang kesehatan langsung nanti yang akan memberikan penyuluhan," ungkapnya.

Sejauh ini jumlah putra daerah yang diterima menjadi polisi belum maksimal. Untuk itu, Walo Kota berharap dengan adanya pembinaan pemuda, banyak yang menjadi polisi demi mengabdi kepada bangsa dan negara. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru