Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penambak Harus Diberi Pembinaan

  • Oleh Naco
  • 07 Oktober 2017 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Rudianur mendorong dinas terkait untuk memberikan pembinaan kepada pembudidayaan ikan melalui sistem penambakan.

Selama ini, para penambak sulit melakukan pembudidayaan sehingga bibit ikan selalu tergantung dari daerah luar. Akibatnya, biaya operasional mereka masih tinggi. "Dari itu kami mendorong agar para penambak ini bisa dibina, diberi bekal bagaimana cara melakukan budidaya seperti pembibitan," kata politisi partai Golkara tersebut, Sabtu (7/10/2017)

Dengan begitu, lanjut Rudianur, para petani ikan tersebut tidak lagi tergantung dengan daerah lain. "Kami melihat para penambak di tempat kita ini masih memesan bibit ikan dari luar, seperti dari pulau Jawa, Yogjakarta," tukasnya.

Lantaran membeli dari luar daerah, harga bibit lebih mahal. Seandainya mereka bisa dibekali, ia yakin akan memperkecil biaya operasioanl petani ikan.

Tidak hanya soal bibit, Rudianur juga menyebut kelemahan para petani ikan juga terkendala minimnya pengetahuan serta sarana dan prasarana membuat pakan ikan sendiri. Padahal pakan ikan saat ini seperti di daerah-daerah maju mereka membuat sendiri. "Sementara kebanyakan yang kita lihat saat ini banyak beli pakan jadi, tentu harganya jauh lebih mahal jika harus membuat sendiri," tandasnya.

Dari itulah, Rudianur mendorong agar dinas teknis dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan untuk melihat dan memperhatikan kondisi yang dihadapi para penambak ikan. (NACO/B-2)

Berita Terbaru