Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Walaupun Memasuki Pancaroba, BPBD Tetap Siaga Karhutla

  • Oleh Hamdi
  • 08 Oktober 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Walaupun memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim hujan (pancaroba) namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas tetap menyatakan siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

'Kita sampai sekarang masih dalam status siaga Karhutla, sampai nanti status ini dicabut oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng. Walaupun sebenarnya di beberapa titik sudah sering diguyur hujan,' kata Kepala BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Minggu (8/10/2017).

Menurut Sinaga, hal itu karena selama enam bulan (Mei-Oktober) terakhir, telah terjadi Karhutla di beberapa Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas.

Setidaknya, sambungnya, ada tiga kecamatan yang telah dilanda Karhutla, yakni Mantangai seluas 82 hektare hutan dan lahan, Dadahub seluas 55 hektara dan Tamban Catur yang masih belum diketahui berapa luasannya.

Untuk kasus Karhutla sendiri, ungkap Sinaga, tercatat sudah terjadi sebanyak 23 kali selama enam bulan terkahir.

'Itu menandakan hujan masih belum merata di Kabupaten Kapuas, masih baru hujan lokal saja di masa pancaroba,' pungkasnya. (HAMDI/B-5)

Berita Terbaru