Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kawal dan Awasi Reforma Agraria di Kalteng!

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Oktober 2017 - 23:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Salah satu sumber penyumbang ketimpangan adalah involusi sektor pertanian. Untuk mengurangi ketimpangan, Nahdlatul Ulama (NU) mendorong pemerintah lebih aktif merealisasikan inisiatif Presiden Joko Widodo melalui program Reforma Agraria yang pada intinya redistribusi tanah untuk rakyat dan petani.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) paling banyak mendapat jatah redistribusi lahan kepada rakyat dalam kaitannya program Reforma Agraria tersebut. Warga Kalteng diingatkan harus mengawal program yang baik tersebut.

'Presiden sudah bersikap (mengatasi) ketimpangan kepemilikan lahan dengan cara redistribusi melalui reforma agraria. Antara lain melalui ormas, partai dan sebagainya. Alokasi Kalteng paling besar, sekitar satu juta Hektare lebih tanah yang harus diredistribusi kepada rakyat,' kata Said, Minggu (8/10/2017).

Salah satu pengurus PBNU, Masduki Baidhowi menambahkan NU adalah sebagai perantara antara negara dan rakyatnya. Yaitu membantu memediasi agar proses disrtribusi kepada masyarakat berjalan baik.

'Kami di NU menjadi salah satu bagian, untuk bagaimana membantu proses itu. Modelnya adalah bottom up. Dan ini tidak hanya ormas NU saja. Kita diminta mencari lahan mana yang akan dikembangkan,' tutur Baidhowi. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru