Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan di Batam Siap Bikin Pelumas Berbasis CPO

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 09 Oktober 2017 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan ada satu perusahaan yang berminat mengembangkan minyak pelumas berbasis minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan membangun basis produksinya di Batam.

"Rencananya akan ada yang mengembangkan, lokasinya di Batam," kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto, di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Pengembangan ini, menurut Panggah, tentunya akan menambah jumlah varian poduk derivatif kelapa sawit yang saat ini berjumlah lebih dari 150 jenis.

"Tren variasi produk turunan dari kelapa sawit memang meningkat sejak hiliriasi kelapa sawit digalakkan pada 2011 lalu," papar dia.

Sekadar informasi, penguatan investasi di sektor hilir kelapa sawit pada 2011 dimulai dengan pengurangan pajak penghasilan untuk industri hilir kelapa sawit melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52/2011 dan pemberian insentif libur pajak (tax holiday) melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130/2011. Di samping itu, pemerintah juga memberlakukan bea keluar secara progresif di tahun yang sama.

"Jumlah variasi produk derivatif kelapa sawit saat ini sudah cukup banyak, berbeda dengan 2011 yang hanya 50-an produk," ujar Panggah. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru