Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Delapan Petugas DKPP Jalankan Program Upsus Siwab

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Oktober 2017 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Upaya khusus sapi wajib bunting (upsus siwab) merupakan program pemerintah pusat dalam rangka menyukseskan program tata kelola pertanian yana baik (good farming practice).

Di Kota Palangka Raya, program ini juga dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

"Pelaksanaan program itu dilakukan lima petugas inseminasi buatan dan tiga petugas pemeriksa kebuntingan sapi," kata Kabid Perbibitan dan Produksi Peternakan pada DKPP Kota Palangka Raya, Sugiyanto, Senin (9/10/2017).

Ia menuturkan, pihaknya menargetkan 400 sapi betina menerima inseminasi buatan. Diharapkan semuanya dapat bunting sesuai program.

"Tapi kita tidak dapat menargetkan hingga 100% karena bisa saja sejumlah sapi mengalami gangguan reproduksi dan kendala lain saat pelaksanaan program. Makanya kita targetkan minimal 300 dari jumlah keseluruhan itu dapat positif hamil," tambahnya.

Menurut Sugiyanto, sejauh ini pihaknya sudah menginseminasi 272 ekor sapi dan sampai dengan Agustus lalu sudah ada 191 ekor sapi yang dinyatakan positif hamil.

"Kami telah menginseminasi 272 ekor sapi betina dari total yang ditargetkan 400 ekor dan kita tergetkan minimal, ini minimal ya, 360 ekor sapi dari 400 ekor yang masuk program upsus siwab itu dapat hamil. Nah sampai Agustus data kami sudah ada 191 ekor sapi dinyatakan positif hamil. Kami pun optimistis program ini mencapai target," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru