Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Bakal Siapkan Sistem Penyelenggaraan Pemerintah dengan Transaksi Non Tunai

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Oktober 2017 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau berencana menyiapkan sistem untuk transaksi non tunai pada seluruh penyelenggaraan pemerintahan. Rencana penyiapan sistem tersebut seperti disampaikan Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto, saat dikonfirmasi Borneonews usai menghadiri peresmian dan pembukaan kas titipan Bank Indonesia (BI) di Bank Kalteng Cabang Nanga Bulik, Senin (9/10/2017).

"Kita akan menyiapkan sistem tersebut di kantor keuangan daerah atau Badan Keuangan Daerah dan juga pihak perbankan yang ada di Lamandau. Sehingga nantinya semua transaksi keuangan di pemerintahan dilakukan dengan cara non tunai," sebutnya.

Selama ini, ungkap Sugiyarto, sistem non tunai ini sudah coba terapkan pemkab Lamandau, hanaya saja sifatnya terbatas atau baru di beberapa jenis transaksi, misalnya adalah sistem pembayaran gaji pegawai.

"Harapan kita, pada tahun 2018 mendatang, sistem non tunai bisa kita terapkan untuk semua transaksi di pemerintahan, baik untuk gaji para tenaga honorer ataupun pembayaran kepada pihak rekanan yang melaksanakan pekerjaan dari pemerintah," ujarnya.

Sehingga, kata Wabup Lamandau dua periode itu, dengan sistem non tunai makan nantinya akan mengurangi peredaran uang tunai, dan masyarakat hanya menggunakan uang seperlunya saja.

"Kita akan awali sistem ini di level pemerintahan dulu, jika nantinya masyarakat ikut terbiasa menggunakan transaksi non tunai, kami menilai hal itu justru positif, karena akan kian mengurangi banyak resiko, misalnya masyarakat tidak perlu lagi menyimpan uang dalam jumlah banyak di rumah," tukas dia. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru