Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Utara Harus Tiru Sistem Layanan Pemko Samarinda

  • Oleh Ramadani
  • 09 Oktober 2017 - 19:44 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Belum lama ini anggota DPRD Barito Utara melakukan kunjungan kerja ke Samarinda dan Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka koordinasi sesuai dengan bidang tiga komisi.

Komisi I melakukan koordinasi dan mempelajari penutupan lokalisasi di Balikpapan karena daerah ini dinilai berhasil mengatasi masalah tersebut. Selain itu pula komisi ini juga akan melakukan koordinasi ke Samarinda terkait masalah kesehatan.

Kemudian komisi II melakukan koordinasi masalah badan usaha milik desa (BUMDes), dan komisi III melakukan koordinasi mengenai lingkungan dengan menggandeng badan lingkungan hidup.

Anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar mengatakan komisinya melaksanakan kunjungan kerja ke Samarinda dalam bidang kesehatan.

'Karena sistem informasi kesehatan (SIK) di Samarinda, Kalimantan Timur dapat dikatakan lebih maju sehingga kita melakukan kunker ke sana,' ujar Mustafa, Senin (9/10/2017).

Menurutnya, sistem informasi kesehaan di Samarinda terintegrasi dengan baik dari jenjang terbawah yakni puskesmas hingga rumah sakit. "Jadi orang yang sakit atau hamil sudah diketahui tingkat resikonya' ungkapnya.

Selain itu pengawasan kesehatan masyarakat juga bagus. Untuk itu pihaknya mengharapkan Dinas Kesehatan Barito Utara dan RSUD Muara Teweh dapat menerapkan integrasi SIK, sehingga penanganan dan pengawasan kesehatan masyarakat dapat terdetiksi lebih dini, sehingga resiko akan adanya fatalitas dapat diminalisir bahkan dihilangkan.(RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru