Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stan CBI Grup Pamerkan Drone Hasil KIC

  • Oleh Oktrika Nugraheni
  • 09 Oktober 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Citra Borneo Indah (CBI) Grup ikut memeriahkan Kobar Expo yang digelar di Pangkalan Bun Park. Stan CBI tampil istimewa dengan kehadiran drone hasil karya karyawan CBI.

Head Estate Department CBI Grup Ade Irawan Harahap mengatakan, CBI grup sudah menggunakan drone sejak 2016. Meskipun untuk tahap persiapan dilakukan sejak 2015. "Digunakan pertama kali oleh PT MKM di Pulang Pisau untuk mengukur luas lahan pada awal 2016," kata pria lulusan Teknik Pertanian IPB, Senin (9/10/2017).

Drone yang dipamerkan dalam Kobar Expo merupakan hasil karya inovasi CBI (KIC). "Kami (CBI Grup) berusaha memodifikasi, membuat sendiri. Memang pada awalnya beli, tapi cukup sekali saja," tuturnya.

Menurutnya, drone tidak ada fungsinya tanpa kamera beresolusi tinggi. "Untuk itu, kita melakukan modifikasi kamera untuk mengetahui secepatnya kondisi areal perkebunan, misalnya mana pokok yang sehat, pokok yang rusak, dan kondisi perkebunan," terangnya.

Drone juga sangat berguna untuk memudahkan operasional perkebunan. "Drone bisa melihat foto darat atau dari udara untuk mengetahui areal yang bermasalah secara digital, jadi bisa digunakan untuk identifikasi," terangnya. Salah satunya adalah untuk mengetahui kondisi pokok kuning, areal banjir terutama untuk mengetahui berapa berapa luas areal banjir, dan sebagainya.

Selain itu, drone juga berfungsi mengontrol operasional perkebunan. "Misalnya dulu membuat jalan sekian ribu meter, laporan BAP sudah sesuai tapi sebenarnya jalan tidak sampai segitu." Kemudian, lanjut Ade, dengan menggunakan drone, perusahaan juga sudah melakukan efisiensi baik itu efisiensi waktu, maupun biaya.

Ia mencontohkan, sebelum ada drone untuk mengidentifikasi sensus pokok yakni mengetahui jumlah pokok yang akan disisipkan membutuhkan waktu sampai tiga tahun. Lantaran, proses penghitungan yang tidak tuntas.

"Dengan adanya drone, baru tahun ini tuntas. Begitu pula dengan biaya operasional yang dikeluarkan," jelasnya sembari menyebut CBI grup memiliki enam drone. (OKTRIKA NUGRAHENI)

Berita Terbaru