Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Sarankan Program CSR untuk Pelatihan Tenaga Kerja Lokal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Oktober 2017 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peluang kerja di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih terbuka lebar bagi masyarakat. Terutama pada perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Namun peluang tersebut belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya masyarakat, lantaran keterbatasan keahlian.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotim Sugian Noor mengatakan, masih banyak posisi pekerjaan yang belum bisa diisi tenaga kerja lokal. Seperti untuk operator alat berat, serta tenaga panen kelapa sawit yang pohonnya sudah tinggi.

'Tenaga kerja lokal perlu diberikan pelatihan untuk operator alat berat. Selama ini untuk operasi banyak mendatangkan tenaga dari luar Kotim," ujar Sugian.

Selain itu, tenaga kerja yang juga perlu ditingkatkan adalah untuk panen buah kelapa sawit yang pohonnya tinggi. Yang juga mendatangkan tenaga dari luar Kotim, seperti Sumatera Utara karena memerlukan keahlian khusus.

'Seperti operator alat berat, itu harus ada pelatihan khusus. Makanya kita juga menginginkan agar tenaga kerja lokal mendapatkan pelatihan ini. Sehingga jika diperlukan operator alat berat, tenaga kerja lokal bisa memenuhinya. Pelatihannya bisa melalui program CSR perusahaan,' kata Sugian. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru