Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: Saham PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk Layak Dilirik

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 10 Oktober 2017 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO) sepanjang pekan lalu membuat harga saham emiten sektor agribisnis diramalkan bergerak positif pekan ini.

"Harga CPO pada akhir pekan lalu berakhir di level 2.720 ringgit per ton dari pekan sebelumnya di level 2.666 per ton. Artinya, ada kenaikan sebesar 2,02% dalam satu pekan," kata analis Semesta Indovest, Aditya Perdana Putra, dalam risetnya.

Aditya merekomendasikan beberapa saham yang berada dalam lima peringkat teratas di sektor perkebunan dari sisi nilai kapitalisasi pasar untuk dicermati oleh pelaku pasar seperti PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP).

"Harga CPO terlihat cukup stabil, sudah naik dari dua bulan sebelumnya yang masih sekitar 2.300 ringgit per ton," ujar Aditya.

Bila dilihat, ketiga harga saham tersebut bergerak bervariasi pada pekan lalu. Sebagai emiten yang menduduki peringkat pertama di sektor perkebunan, harga saham Astra Agro stagnan di level Rp14.975 per saham.

Sementara itu, Sawit Sumbermas terkoreksi tipis 0,66% menjadi Rp1.495 per saham dari sebelumnya di level Rp1.505 per saham. Kemudian, harga saham PP London Sumatra melejit hingga ke level Rp1.470 per saham atau naik 4,25% dari Rp1.410 per saham. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru