Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Seruyan: Pengembangan Mangrove Dorong Peningkatan Produktivitas Perikanan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 11 Oktober 2017 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan Sudarsono menilai pengembangan hutan mangrove di wilayah pesisir dapat mendorong peningkatan produktivitas perikanan di daerah setempat.

"Pengembangan hutan mangrove dapat mendorong peningkatan produktivitas perikanan di Seruyan, karena sesuai dengan fungsinya selain untuk mencegah abrasi pantai, hutan mangrove juga sebagai tempat hidup dan berkembang biak ikan, udang serta kepiting," katanya, di Kuala Pembuang.

Ia mengatakan, sejak dicanangkannya gerakan "Ayo Tanam Mangrove" pada 2015 lalu, Pemkab Seruyan bersama dengan masyarakat telah berhasil menanam lebih dari 15 ribu bibit mangrove.

Hanya saja penanaman mangrove itu masih difokuskan di dua tempat, yakni Pantai Sungai Bakau Desa Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur dan Pantai Tanjung Siamuk Desa Sungai Undang Kecamatan Seruyan Hilir.

"Hutan mangrove atau hutan bakau ini sebenarnya memiliki peran sangat penting bagi Seruyan yang saat ini tercatat sebagai salah satu kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang di Kalteng yakni lebih dari 100 kilometer," katanya.

Dengan garis pantai yang begitu panjang, jelas Sudarsono, maka keterlibatan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai sangat dibutuhkan dan mayoritas masyarakat pesisir Seruyan adalah nelayan, karena itu kawasan mangrove untuk menjaga ketersediaan sumber daya laut harus terus dikembangkan.

"Kita mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat pesisir untuk ikut mengembangkan hutan mangrove di lingkungan sekitarnya masing-masing," terangnya.

Ia menambahkan, belum lama ini berkunjung ke Mangrove Center Balikpapan, Kalimantan Timur, yang telah menjadi lokasi percontohan bagi banyak daerah dalam mengembangkan hutan mangrove.

Di lokasi tersebut masyarakat telah benar-benar berhasil mengembangkan dan memanfaatkan hutan mangrove bukan hanya untuk kelestarian ekosistem pantai, tapi juga untuk objek wisata sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

"Kita ingin di Seruyan juga ada hutan mangrove seperti di Mangrove Center, karena itu kita mendorong masyarakat pesisir untuk mengembangkan hutan mangrove secara swadaya tanpa menunggu program dari pemerintah," katanya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru