Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Raup Rp133 Juta, Baznas Kalteng Salurkan Dalam Bentuk Tiga Progam

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Oktober 2017 - 19:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Tengah, Chairuddin Halim mengatakan setidaknya ada program penyaluran zakat kepada penerima atau mustahik yang dibalut tiga program, yaitu Kalteng Makmur, Kalteng Cerdas, dan Kalteng Takwa. Total sasaran 90 orang, masing-masing dianggarkan (bantuan) berbeda-beda.

'Baznas menyelenggarakan program zakat berupa Kalteng makmur sebanyak 35 orang (mustahik), lalu Kalteng Cerdas sebanyak 20 orang, dan Kalteng Takwa sebanyak 35 orang. Baznas juga ikut peduli Rohingya dengan kontribusi bantuan Rp5 juta,' sebut Chairuddin, Rabu (11/10/2017).

Sementara itu mengenai sumber pembiayaan program tersebut, Baznas mengandalkan hasil penerimaan zakat. Chairuddin melaporkan penerimaan zakat masih bersumber dari aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Kalteng.

'Bersumber dari ASN, sebagian kecil muzakki perorangan, karena sebagian besar wilayahnya Baznas Kata Palangka Raya. Penerimaan zakat sampai September 2017 ini terkumpul Rp133 juta terdiri ASN 127 orang, 12 lembaga, Muzakki perorangan ada 12 orang dan mereka ada yang langsung setor ke Baznas Provinsi,' bebernya.

Selain program Baznas Kalteng sendiri, Baznas Kalteng juga menyalurkan program Baznas Pusat berupa beasiswa sebesar Rp670 juta.

Program tersebut memang khusus beasiswa untuk pelajar mulai dari pelajar sekolah dasar hingga mahasiswa. (ROZIQIN/B-6)Be

Berita Terbaru