Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng Telah Raup Sumbangan Rp2,2 Miliar dari Pihak Ketiga

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Oktober 2017 - 06:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Hingga September 2017, dana yang terkumpul dari sumbangan pihak ketiga oleh perusahaan perkebunan di Kalimantan Tengah (Kalteng) masih sekitar Rp 2,2 miliar. Dana ini langsung masuk ke rekening kas daerah di Bank Kalteng.

Angka sebesar ini, diraup Dinas Perkebunan (Disbun) Kalteng sebelum Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 27/2017 tentang Penerimaan dan Pengelolaan Sumbangan Pihak Ketiga (SPK) kepada Pemprov Kalteng dihentikan sementara oleh Gubernur Kalteng. Penghentian sementara ini dilakukan sembari dilakukan evaluasi, meskipun sebenarnya bidang perkebunan Kalteng tidak ada masalah dengan Pergub tersebut.

'Yang sudah terkumpul Rp 2,2 miliar. Itu dari perusahaan perkebunan yang sudah memiliki pabrik kelapa sawit (PKS) yang menghasilkan CPO, jadi tidak semua perkebunan sawit yang ratusan unit itu ada PKS. Nah, Pemprov dapat Rp50 dari setiap kilogram CPO yan dihasilkan PKS,' terang Kepala Disbun Kalteng Rawing Rambang kepada Borneonews, Kamis (12/10/2017).

Ia mengungkapkan, sejauh ini sudah ada 102 PKS yang beroperasi, dari tiga ratusan perizinan kebun kelapa sawit di Kalteng. Secara lisan ini sudah disepakati oleh bagungan pengusaha kelapasawit indonesia (GAPKI). 102 perusahaan inilah yang ditarget menyumbang SPK kepada Pemprov Kalteng, Namun, itupun belum semuanya menyetor SPK-nya ke kas daerah.

Jika semuanya (125 PKS) itu menyetor SPK kepada Pemprov Kalteng, bisa dibayangkan penerimaan daerah yang terkumpul, yakni diperkirakan lebih dari Rp 225 miliar pertahun menjadi penerimaan asli daerah (PAD). Sebab diperkirakan produksi CPO di Kalteng sedikitnya 4,5 juta ton. Jika dikalikan dengan Rp 50 per Kg, maka Rp 225 miliar itu dapat dicapai. Sayangnya, informasi terakhir, hanya segelintir perusahaan yang menyetor ke kas daerah. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru