Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Data Semua Jenis Hewan Tenak

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Oktober 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara melakukan pendataan hewan ternak berupa sapi potong, sapi perah, dan kerbau.

Kepala DKPP Sukamara Irlan Kodriansyah mengatakan, pendataan dilakukan dengan tujuan mengetahui jumlah hewan ternak yang dipelihara dan dikembangkan masyarakat.

"Hasil dari pendataan hewan ternak ini akan keluar pada Desember 2017. Mengingat tim kita kita bentuk," ucapny, Kamis (12/10/2017).

Menurut dia, setiap desa maupun kelurahan sudah mempunyai petugas pendata ternak supaya data yang dihasilkan  akurat.

"Untuk pendataan hewan ternak ini, tidak hanya jenis sapi dan kerbau tetapi semua jenis seperti kuda, babi, domba, kambing, kelinci, ayam buras, ayam ras, ayam ras petelur, merpati, burung puyuh, itik, itik manila, dan anjing" ujar Irlan.

Dikatakannya, ternak jenis sapi dan kerbau merupakan salah satu sektor andalan Kabupaten Sukamara. Sektor itu memberikan banyak peluang bagi masyarakat dalam membuka lapangan pekerjaan.

"Karena sapi dan kerbau adalah sektor andalan kita, maka kita adakan kegiatan input dan output terhadap ternak ini," sebutnya. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru