Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan dan TP PKK Gunung Mas Gelar Deteksi Dini Kanker

  • 12 Oktober 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kesehatan bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Gunung Mas menggelar kegiatan deteksi dini penyakit kanker. Kegiatan dipusatkan di Puskesmas Kurun, Kamis (12/10/2017).

Ketua TP PKK Gunung Mas Apristini Arton S Dohong saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan itu, menuturkan bahwa upaya deteksi dini kanker pada perempuan bisa berupa skrining kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual menggunakan asem asetat (IVA). Sedangkan untuk mendeteksi kanker payudara dengan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis).

"Prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti klinik, puskesmas, dan rumah sakit," ujar Apristini.

Kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini dan didukung penanganan yang cepat akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup lebih lama terhadap penderita. Terkait hal itu, lanjut dia, pemeriksaan IVA dan Sadanis harus dilakukan secara berkala sebagai salah satu upaya pencegahan.

"Masyarakat tidak perlu takut melakukan pemeriksaan. Sebab hasil yang diperoleh justru dapat menjadi parameter terhadap penanganan selanjutnya," ingat Apristini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunung Mas Maria Efianti yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, menuturkan deteksi dini kanker akan membawa dampak positif untuk masyarakat. (EPRA SENTOSA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru