Jumat, 20 Oktober 2017
 

 
 

Perekonomian

Tidak Hanya Mall yang Sepi, Antrean Nasabah Bank Juga Turun

 
 
Subsidiary Liaison Manager Bank Mandiri Kalteng, Puguh Jati Tri Saroso

Subsidiary Liaison Manager Bank Mandiri Kalteng, Puguh Jati Tri Saroso

DOK BORNEONEWS

BORNEONEWS, Palangka Raya – Berbeda dengan dekade lalu, pengunjung mall atau pusat perbelanjaan terutama di kota besar kian tidak bisa dijadikan tolok ukur perekonomian suatu daerah. Kini mall semakin sepi dari aktivitas jual beli.

Bahkan banyak toko yang ‘ngontrak’ di Mall kini semakin banyak yang gerainya tersebut akibat minimnya aktivitas jual beli.

Kondisi ini menjadi senjakala pusat perbelanjaan yang menjanjakan secara konvensional, bertemunya pembeli dan penjual dalam satu tempat, seperti diakui Bankir Mandiri ini.

“Memang mall sudah kian sepi pengunjung, tidak lagi banyak aktivitas transaksi jual beli disana. Karena itulah banyak yang menutup gerainya. Jadi ramainya Mall sudah tidak lagi jadi tolok ukur. Saya pernah jalan di Batam, Jakarta, juga makin sepi. Banyak orang hanya melihat-lihat, jalan-jalan, lalu makan dan akhirnya pulang. Kalau belanja, mereka lari ke toko online,” ungkap Subsidiary Liaison Manager Bank Mandiri Kalteng, Puguh Jati Tri Saroso, Kamis (12/10/2017).

Jadi, lanjut dia, aktivitas ke Mall lebih kepada melihat contoh model, atau sebatas mencari perbandingan harga. Dunia digital saat ini, memang menggilas beberapa model transaksi konvensional.

“Maka dari itu, saat ini bisnis e-commerce lebih menjanjikan,” lanjutnya. Di sisi lain, ada potret menarik lainnya dari perkembangan dunia digital saat ini.

Jika diatas tadi masalah transaksi jual beli atau perdagangan, ternyata aktivitas fisik di perbankan juga menurun. Ya, banyak antrian nasabah di bank-bank sudah sudah kian menurun.

“Di Bank kami saja, sudah sangat drastis penurunannya (antrian). Di Banking hole-nya turun sekitar 30-40 persen nasabah yang datang dan antri. Mereka sudah gunakan dunia digital, e-banking dan sebagainya. Apalagi sudah ada fasilitas setoran tunai, mau kapan saja tinggal setor sendiri,” tutupnya. (ROZIQIN/B-6)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top