Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Supian Hadi: Kemiskinan di Kotim Cenderung Menurun

  • Oleh Naco
  • 14 Oktober 2017 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi menyebutkan angka kemiskinan di daerah cenderung menurun, berdasarkan data yang ada. Itu pun menjadi salah satu tantangan bagi daerah untuk terus menurunkan dan mengentaskannya.

Supian mengatakan, suatu daerah bisa dikatakan makmur saat angka kemiskinan menurun. Di Kotim pada 2014 sebesar 6,67 persen, 2015 sebesar 6,42 persen dan 2016 sebesar 6,32 persen. "Kalau kita melihat angka tersebut memang terlihat menurun meski kurang signifikan," kata Supian, Sabtu (14/10/2017).

Salah satu faktor yang jadi perhatian utama adalah jumlah penduduk yang cukup besar , diikuti migrasi penduduk dari luar daerah ke Kabupaten Kotim yang bertujuan mengadu nasib alias mencari pekerjaan.

Sebagaimana data BPS, jumlah penduduk di Kotim hingga Desember 2016 mencapai 436.276 jiwa. Dan jika dibandingkan dengan 14 kabupaten/kota di Kalteng, maka jumlah penduduk Kotim berada di urutan pertama. "Tentunya dengan jumlah penduduk yang meningkat ini akan jadi perhatian kita bersama," ungkap Supian.

Selain itu menurut Supian masalah ini juga akan jadi tantangan dan pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah daerah, yang terus berupaya untuk terus mengambil langkah tepat dalam mengatasinya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru