Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perumahan Relokasi Desa Tumbang Lampahung Mulai Dibangun

  • 14 Oktober 2017 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Perumahan untuk relokasi Desa Tumbang Lampahung, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) di ruas jalan Kuala Kurun-Tumbang Miwan, mulai dibangun.

Dari pantauan Borneonews, Sabtu (14/10/2017), sebagian besar sudah mendirikan pondasi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas Budhy menuturkan, relokasi warga Desa Tumbang Lapahung dilakukan lantaran desa tersebut rawan bencana banjir. Bahkan, dalam satu tahun bisa tiga sampai empat kali dilanda banjit. Kondisi itu tentu berdampak kurang baik bagi masyarakat.

"Tahun ini ada dua desa yang mendapat persetujuan dari Kementerian Sosial untuk direlokasi . Pertama, Desa Tumbang Lampahung. Kedua, Desa Tumbang Bunut di Kecamatan Rungan," sebut Budhy.

Di Desa Tumbang Lampahung terdapat 133 rumah yang direlokasi. Sedangkan di Desa Tumbang Bunut ada 33 rumah. Bantuan yang diberikan Kementerian Sosial berupa uang sebesar Rp20 juta untuk satu rumah. Sementara itu, bantuan dari Pemkab Gunung Mas akan dikucurkan pada 2018 juga sebesar Rp20 untuk satu rumah.

"Kita harapkan bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membeli bahan bangunan. Sehingga program relokasi bisa sukses," harapnya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru