Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar akan Sulap Eks TPA Jadi Hutan Kota

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 15 Oktober 2017 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) akan menyulap eks tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) menjadi hutan kota. Wacana tersebut diucapkan Bupati Kobar Nurhidayah saat kampanye pencegahan kebakaran hutan di kawasan Bundaran Pancasila, Minggu (15/10/2017).

Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon di eks TPA yang rencananya bakal disulap menjadi miniatur kebun raya Bogor.

"Mohon doanya dari masyarakat semua, di Pangkalan Bun nantinya punya hutan kota. Paling tidak kita punya hutan yang berisi contoh tanaman dan pohon endemik Kalimantan. Bisa dikatakan seperti Kebun Raya Bogor versi mini," ujar Bupati saat berorasi.

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Kalteng ini, Nurhidayah menegaskan termuat pesan - pesan khusus untuk masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Selain itu, bupati juga mengatakan bahwa dengan kegiatan ini juga dapat dijadikan ajang silaturahim antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk bersama-sama ikut serta menjaga lingkungan. Langkah paling sederhana menurut Nurhidayah adalah dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

"Kita bersama-sama menjaga hutan dan ekosistem hutan selain itu juga dengan senantiasa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," harap Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, Minggu (15/10/2017).

Kampanye pencegahan karhutla di arena Car Free Day itu juga dihadiri oleh Kodim 1014/Pbn, Polres Kobar, SOPD serta ratusan masyarakat yang mengikuti senam pagi bersama.

Ratusan masyarakat yang datang untuk mengikuti senam pagi bersama sejak pagi hari sudah mengantre untuk mendapatkan kupon dan baju kaos yang akan diundi pada akhir kegiatan. Dalam kegiatan tersebut panitia menyediakan doorprize dengan berbagai hadiah utama seperti sepeda gunung, kulkas dan mesin cuci serta hadiah hiburan menarik diantaranya HP, kipas angin, setrika dan kompor gas serta hadiah menarik lainnya. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru