Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SOPD Harus Konsisten Dengan 9 Skala Prioritas

  • Oleh Naco
  • 15 Oktober 2017 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun mengingatkan kembali agar seluruh Satuan Organisais Perangkat Daerah (SOPD) konsiten mengacu kepada sembilan skala prioiritas pembangunan.

Apalagi dalam waktu dekat ini menurut Rimbun Minggu (15/10/2017), APBD tahun 2018 akan segera dibahas. Maka dari itu setiap rencana kerja anggaran mesti memuat program skala prioritas tersebut.

Lanjut Rimbun, pemerintah daerah harus komitmen dengan itu, tim anggaran eksekutif jangan sampai keluar dari apa yang sudah diprogramkan mengingat itu sudah ditetapkan. "Selain itu pula kami dalam APBD murni nantinya akan lebih selektif dalam persetujuan kepada program usulan ekskeutif, karena ini sudah menjadi keinginan pemerinth daerah sendiri," kata Rimbun.

Rimbun juga menegaskan agar eksekutif mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya penggunaan anggaran habis pakai. Pihaknya ingin kucuran anggran itu punya timbal balik kepada bagi daerah

Dikatakan ketua komisi III ini anggaran harus produktif jangan lagi pola konsumtif dan tidak ada timbal balik ke masyrakat Kotim. "Kegiatan seremonial maksunya kegiatan yang hanya sekadar menghabiskan anggaran," tukasnya.

Apalagi menurut Rimbun pembiayaan pembangunan sangat dibutukan terutama untuk sektor real saat ini seperti pendidikan dan kesehatan yang sudah menjadi skala prioritas.

Rimbun optimis, jika semua sudah dilaksanakan maka apa yang menjadi keinginan pembangunan bisa tercapai dan dapat terlaksana sesuai dengan harapan bersama, dari itu Pemerintah daerah harus konsisten dengan hal tersebut

Sembilan program pembangunan yang menjadi skala prioritas pada 2018 tersebut masing-masing infrastruktur, peningktan kualitas hidup masyarakat, tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, ketahanan pangan. Kemudian penguatan pemerintahan desa, pemberdayaan ekonomi, pelestarian lingkungan hidup, penanggulangan bencana, pariwisata dan pelestarisan budaya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru