Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permohonan Perbaikan Akta Lahir di Sukamara Cukup Banyak

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Oktober 2017 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Perbedaan penulisan nama di akta kelahiran dan ijazah, menjadi salah satu penyebab tingginya permohonan yang diajukan orang tua untuk melakukan perubahan atau memperbaiki nama di akta kelahiran. "Yang mengajukan permohonan banyak sekali," kata Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Dukcapil dan KB) Sukamara Gusti Usman Effendi, Senin (16/10/2017).

Menurut Gusti, proses memperbaiki nama di akta kelahiran tidak mudah, mengingat harus melakukan sidang, terlebih sidang yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Pangkalan Bun tidak selalu dilakukan. "Namun kita cukup terbantu dengan adanya program sidang keliling yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Pangkalan Bun sehingga permohonan bisa cepat terpenuhi," ujarnya.

Lanjutnya, meskipun adanya program, orang tua diharapkan untuk lebih teliti agar akta yang dibuat tidak salah dan menyulitkan di kemudian hari. "Mengubah nama di akta kelahiran itu ada peraturannya, tidak sembarangan. Sebab, apabila sudah memiliki akta maka datanya sudah masuk," jelas Gusti. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru