Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Barito Selatan Layani Dokumen Adminduk Secara Terintegrasi

  • Oleh Uriutu
  • 16 Oktober 2017 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Selatan melayani dokumen adminitrasi kependudukan (Adminduk) secara terintegrasi.

'Pelayanan ini adalah inovasi atau terobosan dalam percepatan pelayanan adminduk dan memberikan kemudahan kepada masyarakat memperoleh dokumen kependudukan,' kata Kepala Disdukcapil Barsel, Nyamei Tumbai kepada Borneonews, Senin (16/10/2017).

Dia mengatakan pelayanan ini yang sifatnya dalam kepengurusan adminitrasi kependudukan bisa dapat lebih dari satu dokumen.

Contohnya, mengurus akta perkawinan. Mereka tidak hanya mendapatkan akta tersebut namun dapat beberapa dokumen.

Diterbitkan, kartu keluarga kedua mempelai, kemudian diterbitkan kartu keluarga orangtua, dan menerbitkan e-KTP dengan status baru yakni sudah menikah.

'Artinya mereka bukan hanya mendapatkan akta perkawinan namun juga dapat KK yang baru, orang tuanya mendapatkan kartu KK perubahan dan mempelai mendapatkan e-KTp dengan status yang baru,' jelasnya.

Menurutnya, masyarakat tanpa harus mengajukan beberapa permohonan hanya satu dokumen kependudukan bisa dapat lima dokumen, asalkan persayaratan lengkap.

Namun jika masih ada syarat yang kurang maka harus dilengkapi dulu sehingga bisa dikeluarkan atau diterbitkan dokumen kependudukannya.

Atau dengan istilah two in one, three in one, four in one dan five in one. Artinya mengurus satu dokumen bisa dapat dua, tiga, empat dan lima dokumen.

Dia membeberkan, untuk melakukan pengurusan ini pihaknya memberlakukan sistem antri agar warga tidak berebut dalam mengurus dokumen kependudukannya.

'Sistem antri yang digunakan sama seperti pelayanan di bank-bank. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak berebutan dalam mengurus dokumen,' ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru