Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Reses Dewan Harus Sinkron dengan Musrenbang

  • Oleh Naco
  • 16 Oktober 2017 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo meminta hasil reses dewan agar disinkronkan dengan musrenbang, sehingga bisa masuk menjadi program tahun anggaran berikutnya.

"Sebelum pembahasan APBD 2018, anggota DPRD terlebih dahulu menggelar reses ke dapil masing-masing," kata Handoyo, Senin (16/10/2017).

Sinkronisasi antara reses dan musrenbang saat pembahasan anggaran di DPRD nanti harus dilakukan. Apalagi jika sudah diakomodir dalam reses melalui usulan dewan, jangan sampai diusulkan dalam musrenbang.

Kegiatan reses dan musrenbang sama-sama menyerap aspirasi masyarakat dengan tujuan yang sama, sehingga perlu ada harmonisasi. Sebab, belakangan ini adanya paradigma terbangun hasil reses itu hanya menjadi sebuah dokumen yang tak memiliki pengaruh begitu kuat bagi pemerintah dalam membangun daerah.

"Bahkan masyarakat terlihat bosan dengan pelaksanaan kegiatan itu. Karena sebagian besar tidak ada realisasi," tegasnya.

Keterbatasan anggaran menjadi permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah dalam merealisasikan kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, hasil reses dan musrenbang perlu diungkapkan dalam pembahasan anggaran agar menjadi perhatian

DPRD tidak ingin laporan hasil reses dan musrenbang hanya ditumpuk tanpa direalisasikan. Padahal, laporan dalam aspirasi masyarakat itu dibutuhkan dan menjadi salah satu unsur sebagaimana amanat undang-undang dalam membuat rencana pembangunan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru