Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejari Kotim Kantongi Nama-nama Pemilik Banyak Tanah Program IP4T BPN

  • Oleh Naco
  • 16 Oktober 2017 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada beberapa nama yang mengerucut sebagai pemilik banyak tanah di program IP4T melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kotim, khususnya di wilayah Baamang dan Ketapang. Seperti nama-nama yang membagikan tanah untuk oknum pejabat BPN. Dari nama-nama itu ada yang berinisial RS dan MH.

"Modusnya mengajukan atas nama orang lain. Biar seolah-olah tidak diketahui itu tanah mereka. padahal saat ditelusuri tanah RS itu salah satunya yang banyak," kata sumber terpercaya di Kejari Kotim, Senin (16/10/2017).

Dalam kasus ini RS dalam waktu dekat akan dipanggil, sementara MH sudah dipanggil jaksa beberapa waktu lalu. MH mengaku tidak mengetahui secara persis pengurusan surat tanah miliknya saat itu. Alasannya, semua diurus suaminya yang meninggal dunia pada 2015 lalu.

Tidak hanya itu hal yang cukup mengejutkan adanya dugaan pemalsuan sejumlah tanda tangan dalam surat tanah, sementara nama-nama di tandatangan tersebut terkejut saat dipanggil jaksa.

"Ada yang membantah bahkan menyebut tanda tangannya dipalsukan. Kita tanya BPN, mereka mengakui alasannya untuk memenuhi target," tukasnya.

Program IP4T merupakan salah satu dari sekian kasus yang ditangani penyidik Tipikor Kejari Kotim dilingkup BPN. Puluhan saksi sudah diperiksa dalam masalah ini. (NACO/B-11)

Berita Terbaru