Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Negara Tiongkok Dominasi Pekerja di Proyek PLTU Kalteng-1

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 Oktober 2017 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Rupanya kontraktor asal Tiongkok berada di balik pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalteng-1 di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah. PLTU berkapasitas 2x100 Megawatt (MW) itu diperkirakan rampung pada 2019 mendatang.

Proyek itu dikembangkan PT Surya Kalimantan Sejati (SKS) Listrik Kalimantan, anak perusahaan tidak langsung PT Dian Swastatiska Sentosa (DSSA) Tbk. Nama terakhir merupakan salah satu perusahaan di bawah naungan Sinarmas yang fokus pada bisnis energi dan infrastruktur.

'Kontraktor EPC pada proyek ini adalah Dongfang Electric Corporation Ltd dan Hubei Second Electric Power Construction Enggineering Company,' sebut Presiden Direktur SKS Listrik Kalimantan (SLK) Lokita Prasetya saat pelaksanaan groundbreaking ceremony, Senin (16/10/2017), di lokasi proyek, Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung  Mas.

Pantauan di lapangan, ratusan pekerja asal Tiongkok membanjiri lokasi proyek, menunjukkan dominasi kontraktor asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Bahkan bendera berbahasa Mandarin dipasang mulai dari pintu masuk lokasi proyek hingga perkantoran direksi keet. Suasana bahkan diseting seolah berada di Negara Tiongkok.

Penampakan itu menarik perhatian Bupati Gunung Mas Arton S Dohong yang menghadiri groundbreaking tersebut. Bupati Arton bahkan meminta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Kantor Imigrasi untuk mengawasi persoalan tenaga kerja di proyek PLTU Kalteng-1.

'Pentingnya koordinasi agar tidak ada masalah suatu saat nanti. Dan agar memerhatikan tenaga kerja lokal. Saya kira kalau ada niat dan pembimbingan atau pelatihan, tenaga kerja lokal bisa kok,' kata Arton.

Selain Bupati Arton, peletakan batu pertama proyek dihadiri Asisten II Setda Kalteng Bidang Administrasi Perekonomian Hardi Rampai yang mewakili Gubernur Sugianto Sabran. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru