Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Salukan 10 Buah Kandang Jepit

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Oktober 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara menyalurkan bantuan 10 kandang jepit atau cuttle crush untuk mengawinkan peternak sapi di tujuh desa.

Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Syamsul Hidayat menjelaskan fungsi kandang jepit ini untuk memudahkan peternak melakukan kawin suntik untuk inseminasi buatan, memeriksa dan mengobati ternak yang sakit.

"Bantuan ini kita salurkan ke Desa Natai Sedawak 2 buah, Kelurahan Padang 2 buah, Desa Kartamulia 1 buah, Desa Sungai Pasir 1 buah, Buah Desa Sukaraja 1 buah, Desa bukit Sungkai 1 buah, Desa Lupu Peruca 1 buah, dan Desa Natai Kondang 1 buah.

Dikatakan, kandang jepit ini dibuat khusus agar sapi tidak bergerak bebas saat proses inseminasi buatan, mengingat kandang jepit sapi memiliki daya tahan yang sangat kuat, sehingga dapat dimanfaatkan berbagai kegiatan usaha peternakan dan pertanian.

"Bantuan kandang jepit ini berasal dari APBN melalui BPTU Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan," ucapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru