Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Kelotok Wisata Minim Alat Keselamatan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 17 Oktober 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Puluhan kelotok wisata yang melayani rute Pantai Kubu - TWA Tanjung Keluang, di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, minim alat keselamatan penumpang. Padahal, alat keselamatan berupa pelampung dan life jacket sangat dibutuhkan, mengingat pengguna jasa kelotok wisata di momen tertentu jumlahnya meningkat signifikan.

Para motoris kelotok wisata yang merupakan warga Desa Kubu ini mengaku sudah berulang kali meminta perhatian dinas terkait untuk memberikan bantuan pelampung, namun hingga saat ini belum ada realisasinya.

Salah satu motoris kelotok wisata, di Pantai Kubu, Kecamatan Kumai, Amang Idur menegaskan, di momen tertentu seperti hari besar keagamaan dan momen tahun baru merupakan puncak dari kunjungan wisatawan, jumlahnya mencapai ribuan bahkan satu kelotok kadangkala dipaksakan memuat lebih banyak penumpang. "Kita bertanggung jawab pada keselamatan penumpang sehingga pelampung sangat kami butuhkan untuk keamanan mereka, di laut cuaca kan tidak bisa ditebak," ungkap Amang Idur, Selasa (17/10/2017).

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat agar memperhatikan keluhan para motoris kelotok wisata, bagaimanapun sebagai pelaku pariwisata mereka juga turut andil dalam memajukan pariwisata di Kobar, khususnya destinasi wisata pantai.

Sementara itu, motoris kelotok wisata lainnya, Ibad mengatakan, keselamatan penumpang merupakan hal mutlak dan menjadi prioritas saat mengantarkan mereka menuju Tanjung Keluang atau sebaliknya. Sehingga ketersediaan alat keselamatan menjadi hal yang wajib ada. "Kami sangat mengkhawatirkan hal itu, tapi kalau kami mengadakan sendiri pelampung kami tidak ada biayanya, mohon kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan hal ini," ujar Ibad. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru