Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasukan Khas TNI AU Jalankan Misi Khusus Penerjunan di Desa Sambi

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 17 Oktober 2017 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dengan menggunakan pesawat CN 295, sebanyak 20 penerjun payung dari Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU melayang di cakrawala Desa Sambi, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa (17/10/2017).

Puluhan prajurit Paskhas TNI AU ini bertolak dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta untuk menjalankan misi khusus penerjunan ke Desa Sambi. Misi itu dalam rangka mengenang peristiwa penerjunan pertama oleh 13 pasukan terjun payung di Desa Sambi pada 17 Oktober tahun 1947 silam (Napak Tilas) sekaligus memeringati HUT Korps Paskhas TNI AU ke 70.

Sasaran penerjun payung pasukan khas (Paskhas) TNI AU ini adalah Monumen Penerjunan Pertama Palagan Sambi. Dalam peristiwa penerjunan pertama yang dikoordinasi TNI AU tersebut bertujuan membuka jalur komunikasi untuk pejuang Indonesia di pulau Jawa dan Kalimantan.

Dari 13 penerjun yang ditugaskan, tiga di antaranya yaitu Kapten Hari Hadisoemantri, Letda Iskandar dan Serma Kosasih tewas tertembak pasukan NICA Belanda dan saat ini nama Iskandar diabadikan menjadi Lapangan Udara (Lanud) di Pangkala Bun.

Walaupun langit Desa Sambi menghitam oleh mendung sisa hujan yang mengguyur Kecamatan Aruta, tak meruntuhkan semangat para penerjun payung dari Pasukan Khas TNI AU yang di antaranya membawa bendera Paskhas, bendera TNI AU, Bendera Kotawaringin Barat dan Sang Saka Merah Putih. Satu penerjun sempat menerpa pepohonan di sekitar monumen namun secara keseluruhan 20 penerjun payung Paskhas TNI AU sukses mendarat di Monumen Palagan Sambi.

"Penerjunan ini untuk mengenang sejarah karena di Sambi ini merupakan lokasi penerjunan pertama TNI AU dan yang perlu menjadi catatan penting bahwa penerjunan tersebut juga atas inisiatif beberapa tokoh Kalimantan," terang Komandan Wing 2 Paskhas TNI AU Kolonel Ari Ismanto saat membacakan sambutan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Selasa (17/10/2017).

Seusai melakukan misi terjun payung dan mendarat dengan mulus di Monumen Palagan Sambi, 20 penerjun payung dari pasukan khas TNI AU mendapat ucapan selamat dan salam komando dari Komandan Wing 2 Paskhas Kolonel Ari Ismanto.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Ari Ismanto juga menyerahkan bantuan dua unit mesin pompa air untuk warga Desa Sambi sebagai bagian dari kegiatan baksos dalam rangka HUT Korps Paskhas TNI AU ke 70.

Untuk diketahui, Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah dalam peringatan HUT Korps Paskhas TNI AU ke 70 menjadi tamu kehormatan

di AAU Adi Sucipto Yogyakarta, sekaligus menyaksikan secara langsung bertolaknya 20 penerjun payung dari Yogyakarta menuju titik penerjunan di Desa Sambi, Kecamatan Aruta, Kabupaten Kotawaringin Barat. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru