Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menyelesaikan Stunting Perlu Libatkan Multi Sektor dan Stake Holder

  • 17 Oktober 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Maria Efianti mengatakan untuk menyelesaikan stunting (tubuh pendek dan sangat pendek karena kurang gizi) harus melibatkan multi sektor dan multi stake holder.

Pasalnya isu stunting tidak hanya bisa diselesaikan dengan intervensi gizi spesifik melalui program layanan kesehatan.

Menurutnya, program untuk mengatasi masalah stunting. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan program kecukupan pangan dan gizi, Dinas Pekerjaan Umum dengan program air bersih, sanitasi dan rumah sehat.

Kemudian dinas pemberdayaan, perempuan dan perlindungan anak dengan program fokus perempuan,  anak dan remaja. 

"Dinas sosial dan DPMD dengan program penaggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat," ujar Maria saat diskusi publik mengenai dampak stunting terhadap kualitas SDM dan upaya pencegahan melalui pelibatan multi sektor dan multi stake holder,  Selasa (17/10/2017).

Kemudian dinas pengendalian penduduk dan keluarga derencana dengan program keluarga berencana. Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM melalui program membuka potensi membuka lapangan pelerjaan dan potensi UMKM.

Menurutnya perlu juga pelibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DPMD melalui program pendidikan gizi masyarakat. 

Di samping itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan perilaku masyatakat tentang pentingnya gizi seimbang pada 1000 hari pertama kehidupan dan membiasakan PHBS. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru