Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perempuan Diimbau tak Ragu Deteksi Dini Kanker Serviks

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 18 Oktober 2017 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah mengimbau perempuan di kabupaten berjuluk 'Bumi Gawi Hatantiring' ini untuk tidak ragu deteksi dini kanker serviks atau kanker payudara.

"Kita mengimbau kaum perempuan untuk menumbuhkan kesadaran dan jangan ragu melakukan deteksi dini kanker serviks dan payudara. Semakin dini terdeteksi maka akan semakin baik, karena bisa segera ditangani," kata Mahdiniansyah di Kuala Pembuang.

Ia menjelaskan, deteksi dini kanker ini dilakukan melalui tes inspeksi visual asam asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) yang tidak membutuhkan waktu lama. Langkah ini bisa dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan tingkat primer, seperti puskesmas.

"Kanker serviks sudah menjadi masalah nasional dan termasuk dalam kategori pembunuh nomor satu perempuan Indonesia yang berusia antara 30-60 tahun dengan 250 kasus kematian setiap tahunnya," ungkapnya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Seruyan Herlina Agus Lestari mengatakan, selama ini pihaknya selalu melaksanakan pemeriksaan kanker serviks gratis sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Kesehatan yang menetapkan bulan Oktober 2017 sebagai bulan deteksi dini kanker serviks dan payudara.

"Pemeriksaan kanker gratis ini juga sebagai upaya meningkatkan peran BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya bagi peserta JKN-KIS," katanya.

Ia menambahkan, deteksi dini kanker serviks dan payudara juga dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan promotif dan preventif untuk meningkatkan atau mendorong tumbuhnya kesadaran, pengetahuan dan kepedulian terhadap ancaman kanker rahim dan kanker payudara.

"Selain melalui kegiatan ini, kita juga mendorong wanita atau ibu-ibu, peserta JKN-KIS untuk tidak malu-malu memeriksakan diri ke Puskesmas, karena ini penting bagi kesehatan pribadi masing-masing," terangnya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru