Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAPKI: 26 Perusahaan Siap Serap Sawit Hasil Replanting

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 18 Oktober 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan 26 perusahaan siap menyerap sawit hasil peremajaan (replanting).

"Kami menyambut baik program replanting sawit yang dilakukan pemerintah. Apalagi, pemerintah juga membuat kemitraan antara perusahaan dengan petani," kata Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, kepada pers di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Kemitraan petani dengan perusahaan, menurut Joko, diperlukan karena nantinya tandan buah segar (TBS) yang dihasilkan dari kebun petani tersebut akan diserap pabrik milik perusahaan. Program ini perlu diperluas dan dikembangkan agar terjadi sinergi yang baik antara petani dengan perusahaan.

"Perusahaan melalui kemitraan bisa membantu membangun kebun petani yang baik supaya produktivitasnya bisa tinggi," papar dia.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, produktivitas kelapa sawit Indonesia masih tergolong rendah, yaitu hanya 3,7 ton per hektare per tahun. Padahal potensinya dapat mencapai 8 ton per hektare per tahun.

Faktor utamanya adalah kondisi pohon kelapa sawit, khususnya milik rakyat yang sudah tua dan rusak. Selain itu, petani belum menggunakan benih unggul. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru