Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Inginkan Pemda Fokus Atasi Pengangguran

  • Oleh ANTARA
  • 04 Oktober 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur mengiginkan pemerintah daerah setempat fokus mengatasi masalah pengangguran.

Wakil Ketua II DPRD Barito Timur Raran mengatakan, hal perlu diatasi karena jika tidak akan menambah angka pengangguran di Kabupaten Bartim.

"Solusi yang diharapkan yakni Pemerintah Kabupaten Bartim melalui SOPD teknisnya mampu menyiapkan dana untuk pelatihan tenaga kerja lokal melalui Balai Latihan Kerja (BLK)," katanya, Rabu (4/10/2017).

Menurut politisi Partai Demokrat itu, walaupun tidak ada angka pasti tentang jumlah pengangguran saat ini, namun jika dibiarkan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sosial masyarakat yang berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan di Bartim.

Sedangkan dari fakta dilapangan, banyak ditemukan pemuda didaerah ini yang masih berstatus pengangguran. Dan masalah ini yang perlu disikapi bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Bartim.

Hal ini disebabkan pelatihan kerja kepada kaum muda sangat minim atau hampir tidak ada. Ini menjadikan kamu pemuda sulit dalam mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki kualifikasi kerja atau skill.

"Kita memang mengetahui bahwa permasalahan untuk pelatihan kerja memang terjadi di beberapa daerah karena Dana Alokasi Umum (DAU) yang jadi sumber belanja langsung bagi daerah masih rendah," katanya.

Namun perlu disikapi oleh Pemerintah Daerah setempat jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

"Karenanya DPRD berharap agar Pemerintah Daerah melakukan perencanaan yang baik agar bisa merealisasikan di lapangan," ujar Raran. (KBA)

Berita Terbaru