Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inspektorat Kotim Temukan Penyimpangan Penggunaan ADD dan DD

  • Oleh Naco
  • 20 Oktober 2017 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hasil audit yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur terhadap 54 desa, ada banya temuan penyimpangan penggunaan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD).

"Kita sudah melakukan audit 54 desa dari 168 desa di Kotim. Hasil temuan kami masih banyak terjadi kekurangan, penyimpangan baik itu secara admistrasi maupun keuangan," kata Inspektur Inspektorat Kotim, Otter, Jumat (20/10/2017).

Dijelaskannya, audit dilakukan agar pengelolaan ADD maupun DD berjalan lebih baik lagi. Apalagi sejak 2015 lalu dana yang dikucurkan untuk tiap desa mencapai miliaran rupiah.

Pelanggaran yang ditemukan bervariasi, baik itu yang berkaitan dengan pembayaran pajak, laporan pertanggungjawaban, perencanaan, peraturan desa yang belum dibuat, hingga adanya kekurangan volume pekerjaan.

Semua terjadi akibat masih lemahnya SDM perangkat di masing-masing desa. Sehingga banyaknya temuan terkait penggunaan uang untuk peningkatan desa tersebut.

Kemudian, rekomendasi dari inspektorat meminta agar melakukan pembenahan dan perbaikan. Bahkan jika ada temuan penyimpangan, diminta agar dikembalikan ke rekening kas desa. Sehingga tidak ada kerugian negara yang muncul. (NACO/B-11)

Berita Terbaru