Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ansor Kalteng Rangkul Polri dan TNI Latih Banser

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 Oktober 2017 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kalimantan Tengah (Kalteng) merangkul Polri dan TNI untuk mendidik dan melatih Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Tak kurang dari 100 kader yang mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) yang dimulai Jumat (20/20/2017) hingga dua hari kedepan.

Kader Nahdlatul Ulama (NU) itu berkumpul di arena pelatihan yang dipusatkan di GOR Cipta Sejati, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya. Mereka dijadwalkan menerima 'gemblengan' melalui sejumlah pelatihan fisik dan mental hingga penutupan pada Minggu (22/10/2017).

Di antaranya, pengenalan lalu lintas, peraturan baris-berbaris (PBB), beladiri praktis, wawasan kebangsaan, Ahlus Sunnah Waljamaah (Aswaja), islam nusantara, hingga pemberian motivasi religi. Selain kerjasama penggemblengan dari aparat, juga mendatangkan instruktur nasional dari Jakarta. Harapannya, menjadi kader yang tangguh dan siap menjadi benteng ulama.

'Pembukaan telah dilaksanakan siang tadi dan selanjutnya akan diberikan materi-materi dari latihan fisik, wasawan ke-Indonesiaan, dan pembekalan mental hingga ditutup pada 22 Oktober yang bertepatan peringatan Hari Santri Nasional,' ungkap Ketua PW GP Ansor Kalteng Elly Saputra kepada Borneonews.

Selain dari Kota Palangka Raya, para peserta Diklatsar ini berasal dari beberapa kabupaten se-Kalteng, antara lain Kabupaten Kapuas yang menurunkan 22 kader Ansor dan Banser, juga puluhan kader dari Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Katingan, juga Kotawaringin Timur.

'Diklatsar ini bertujuan menghasilkan kader Banser. Banser adalah, kalau Banser itu badan semi otonom dari Ansor. Makanya sebelum pelantikan Diklatsar, mereka pun dilantik dulu sebagai kader Ansor juga. Jadi, kalau Banser pasti Ansor, tapi kalau Ansor belum tentu Banser,' pungkasnya.

Anggota Ansor dan Banser adalah orang-orang pilihan yang memiliki punya tugas sangat mulia, yakni menjadi benteng ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka akan berada di garda terdepan menjaga Indonesia dari rongrongan pihak manapun yang ingin mengubah NKRI menjadi bentuk negara lain. Mereka dididik untuk ikhlas membela agama, bangsa, dan negeri. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru