Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Terapan Sistem e-Budgeting untuk Simpan Data Keuangan secara Online

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Oktober 2017 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Politisi Gerindra, Alfian Batnakanti mengatakan, pihak DPRD mendukung diterapkannya sistem e-budgeting oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. "Sistem e-budgeting merupakan sebuah sistem keuangan yang disimpan secara online dengan tujuan transparansi bagi setiap pihak," kata Alfian, Senin (23/10/2017).

Menurut Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini, sistem ini diterapkan sebagai dokumentasi penyusunan anggaran di sebuah daerah. "Maka itu, kami sangat mendukung adanya sistem berbasis e-budgeting, sama juga e-planning yang akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang. Menurut kami kedua, program ini akan sangat membantu kinerja pemerintahan dalam menjalankan roda pembangunan yang lebih transparansi, akuntabel, cepat dan tepat," cetus Alfian.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, selain sebagai sarana informasi publik, sistem e-planning dan e-budgeting diharapkan dapat membawa proses perencanaan anggaran dan proses penganggaran lebih sistematis dan terkoordinasi.

"Jadi sistem berbasis e-planning dan e-budgeting ini adalah instrument untuk melakukan perencanaan supaya pekerjaan rapi dan teratur, alurnya jelas dan program perencanaan menjadi sesuai sasaran dan tujuan," kata Hera. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru