Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Segera Siapkan Tenaga untuk e-Planning dan e-Budgeting

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Oktober 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Politisi Gerindra Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti meminta sebelum Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya benar-benar menerapkan sistem e-budgeting dan e-planning agar mempersiapkan tenaga yang akan menjalankannya lebih dahulu.

"Kami sarankan untuk mempersiapkan tenaga ahlinya dulu sebelum benar-benar diterapkan. Supaya tidak salah saat benar-benar diterapkan nantinya," kata Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini, Senin (23/10/2017).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, memang saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sistem e-planning dan e-budgeting dengan mempersiapkan tenaga dan perangkatnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengejar agar programnya segera dapat terrealisasi.

Di sisi lain, pihak Pemko Palangka Raya juga tidak mau berlama-lama dengan ketidakpastian sistem sebelumnya. "Apabila sistem berbasis e-planning dan e-budgeting sudah terintegrasi, maka semua perencanaan dan program pembangunan akan berjalan luar biasa. Bahkan tidak ada lagi program kegiatan yang berjalan sendiri-sendiri," kata Hera.

Apalagi bila berkaca dari perencanaan program sebelum-sebelumnya ketika segala sesuatu yang sudah direncanakan dan masuk ke penganggaran, malah tersendat di tengah jalan dan susah dikontrol. "Jadi nanti, semuanya terukur dan terencana karena sudah terikat dalam satu perencanaan matang melalui sistem berbasis e-planning dan e-budgeting tersebut.

Yang jelas nantinya dalam sistem tersebut akan menampung semua dokumen perencanaan, RPJP, RPJMD dan program lainya. Jadi nanti tidak bisa membuat program di luar yang tertera pada sistem berbasis e-planning dan e-budgeting," tutup Hera. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru