Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Seruyan: Pemuda Harus Tingkatkan Kompetensi

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 24 Oktober 2017 - 06:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kalangan pemuda di Kabupaten Seruyan diminta meningkatkan kompetensi agar dapat berdaya guna dan bersaing dengan tenaga ahli dari daerah lain.

"Tantangan pemuda saat ini ialah semakin tingginya tingkat pengangguran, sehingga pemuda harus meningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan kreativitas serta kemampuan SDM yang berdaya guna untuk bersaing dengan tenaga ahli negara lain," kata Bupati Seruyan Sudarsono usai pelantikan pengurus KNPI setempat.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini juga mengimbau agar para pemuda waspada kelompok-kelompok paham radikalisme untuk melakukan ancaman teror yang umumnya pelakunya diduga dari oknum kalangan pemuda.

Selain itu, saat ini para pemuda tengah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga kesiapan masyarakat terutama pemuda harus lebih dipersiapkan dalam menghadapi tantangan ini.

"Nantinya pemuda-pemudi KNPI diharapkan dapat merumuskan program kerja yang sesuai dengan kondisi masyarakat di daerah supaya keberadaan organisasi kepemudaan ini dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus KNPI Provinsi Kalimantan Tengah Moses Agus Purwono menambahkan, saat ini para pemuda berada di dalam tahun politik. Oleh karena itu, KNPI ke depan diminta untuk membantu mensukseskan tahapan dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dalam waktu dekat ini dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat memilih pemimpin dengan kriteria yang bisa meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kalteng maupun di Seruyan khususnya.

Menurutnya, dalam panasnya tahun politik ini, KNPI juga sangat tidak diperkenankan turut serta dalam mendistribusikan kemungkinan yang dapat menimbulkan konflik seperti isu SARA serta kampanye hitam.

"KNPI harus mengedepankan perananya dalam membantu masyarakat melaksanakan pesta demokrasi, contohnya mengimbau masyarakat dapat mengisi setiap TPS agar tidak kosong," terangnya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru