Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Anggota Polres Kotim Dites Urine

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Oktober 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Mengantisipasi masuknya peredaran narkoba di kalangan aparat, ratusan anggota Polres Kotawaringin Timur (Kotim) dites urine.

"Pemberantasan narkoba tidak hanya di masyarakat saja, namun secara internal juga kami lakukan. Agar tidak ada anggota yang terlibat dengan barang haram tersebut," ujar Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar melalui Waka Polres Kompol M Z Rofiq, Selasa (24/10/2017).

Pemeriksaan urine dilakukan secara mendadak di ruang aula Polres Kotim. Di mana seluruh anggota yang bertugas di Mapolres diambil urine-nya. Tidak hanya kali ini saja, namun tes urine sudah sering dilakukan. Hal tersebut guna menjadi contoh dan juga antisipasi agar tidak ada anggota yang mengkonsumsi narkoba. Mesti pemeriksaan ini dilakukan terhadap anggota sendiri, namun pihaknya melakukannya dengan serius dan teliti sesuai aturan.

Mereka tidak ingin kecolongan, dengan adanya oknum anggota polisi yang ternyata terbukti menggunakan narkoba

"Sebanyak 100 anggota kami periksa urinnya, dan semuanya negatif," kata Rofiq.

Hingga kini, Polres Kotim sangat serius dalam memberantas narkoba, termasuk di internal Polri. Itu dibuktikan dengan memproses oknum anggota yang terlibat narkoba, baik sebagai pengguna, apalagi jika terkait jaringan pengedar narkoba. Bahkan beberapa diantaranya sudah diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH).

"Kalau ada yang terbukti menggunakan atau terlibat dalam peredaran narkoba. Maka tidak segan kami hukum sesuai dengan kode etik polri. Bahkan sampai kami lakukan PTDH," tegas Rofiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru