Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minim Nasabah, Bank Sampah Kapuas Jemput Bola ke Pemukiman Warga

  • 24 Oktober 2017 - 20:34 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Masih minimnya minat warga sebagai nasabah bank sampah membuat pihak pengelola bank sampah melakukan sistim jemput bola mendatangi pemukiman warga sambil membagikan bak sampah dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Sampai saat ini belum ada peningkatan nasabah bank sampah.Kalau pun ada hanya Dinas dan Sekolah saja,sedangkan masyarakat belum ada peningkatan," kata pengelola Bank Sampah Sinar Harapan Mulia, Ramining saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (24/10/2017).

Menurut Ramining, manfaat dari sampah ini tidak hanya soal kebersihan lingkungan saja. Namun juga menambah perekonomian warga. Warga menabung sampah dan itu ada nilai ekonominya. "Sekarang kami lebih mempermudah lagi bagi masyarakat dengan membuat tabungan (sampah) di Bank BRI langsung, ada sekitar 37 buku tabungan yang sudah kami siapkan," ungkapnya. .

Ia menambahkan pihaknya menyediakan fasilitas Bank Sampah Sinar Harapan Mulia berupa bangunan dan mesin pres. Dari pengelolaan sampah di bank sampah ini diharapkan bisa menjadi nilai tambah pada penilaian Adipura tahap I.

"Saya berharap agar Pemkab Kapuas bisa membantu Bank Sampah dengan membuat kanopi (naungan di TPS) untuk melindungi tumpukan sampah. Sehingga saat hujan turun, kami tidak kesulitan memindahkannya," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru