Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Suara Imbang, Kades di Desa Baampah Ditentukan Melalui Tes

  • Oleh Naco
  • 24 Oktober 2017 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dari 77 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Kotawaringin Timur, satu desa hasilnya draw atau imbang. Sehingga untuk menentukan pemenangnya akan melalui tes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kotim, Redi Setiawan mengatakan, desa yang hasil pilkades dinyatakan draw di Desa Baampah, Kecamatan Mentaya Hulu. Calon kades nomor urut 1 atas nama Joni Suryanata dan calon kades nomor urut 2 atas nama Rahmad, masing-masing memperoleh suara 110.

"Sehingga sesuai ketentuan dalam perda, harus ditentukan (pemenangnya) melalui tes tertulis," kata Redi, Selasa (24/10/2017).

Tes itu akan dilakukan panitia desa pada Kamis (26/10/2017) mendatang. Sementara panitia kabupaten hanya memfasilitasi mengantar soal dari bank soal yang dibuat tim teknis dari pendidikan.

Hasil tes itulah yang akan menentukan siapa kades terpilih nantinya. Sehingga menurut Redi tidak ada dilakukan pemilihan secara ulang. Karena ketentuan mengatur demikian.

"Beda hal jika terjadi suatu masalah, ketentuannya dilakukan pemilihan ulang. Sementara ini hasil draw, jadi ditentukan melalui hasil tes," pungkas Redi. (NACO/B-11)

Berita Terbaru