Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beri Sambutan saat Perpisahan, Tunggul Buwono Menitikkan Air Mata

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Oktober 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Empat tahun, tiga bulan, 17 hari, Tunggul Buwono menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas II A Palangka Raya. Waktu yang cukup lama bagi Tunggul hingga mengenal dengan baik seluruh pegawai maupun pelaku tindak pidana dalam Rutan tersebut.

Koordinasi secara internal maupun eksternal juga terjalin dengan baik pula. Namun, sebagai pemimpin sudah pasti tidak akan selamanya berada di tempat itu.

Tunggul Buwono kini berpindah tugas sebagai Kepala Lapas Kelas II B Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada Rabu (25/10/2017) pukul 10.00 WIB, acara pisah sambut dengan pejabat baru yakni Akhmad Zaenal Fikri yang sebelumnya sebagai Kepala Rutan Kelas II A Manado digelar di halaman Rutan Kelas II A Palangka Raya.

"Terimakasih kepada pemerintah kota yang sampai saat ini banyak memberikan dukungan dan bantuan moril kepada kami serta anak-anak kami. Terimakasih juga kepada bapak Kakanwil, Kadivpas, yang memberikan dukungan selama menjalankan tugas di Rutan," kata Tunggul Buwono.

Mengingat tugas yang penuh kenangan, baik dalam bentuk koordinasi, membina warga binaan dan lain sebagainya membuat Tunggul terharu. Ya, pada saat memberikan sambutan pisah sambut, Tunggul yang berdiri di depan didampingi istri tercintanya, tak kuasa menahan tangis.

Air matanya menitik. Tunggul Lantas mengusap air mata tersebut. Sesekali tersenyum sambil berucap "Saya tarik napas dulu pak,". Seluruh pegawai dan hadirin termasuk Kakanwil Kemenkumhan Kalteng Agus Purwanto memberikan tepuk tangan.

Tunggul pun meneruskan sambutannya hingga tuntas. "Rutan ini pernah sampai berisi 580 dari kapasitas 105. Sejak Rutan berdiri, saya adalah yang keenam dan terlama. Alhamdulillah semua layanan sudah berjalan menggunakan IT. Tolong kalau ada kekurangan bisa ditambahkan lagi," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Tunggul juga meminta Tigor maju ke depan. Tigor merupakan Kepala Kesatuan Pengamanan. Namun Tigor juga mendapat promosi jabatan baru sebagai Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Pangkalan Bun.

Tunggul juga mengucapkan permohonan maaf bila selama bertugas terdapat kesalahan dan kekeliruan. Di akhir sambutan, ia berpesan untuk selalu menjaga hubungan tali silaturahim dan berharap pejabat baru bisa lebih baik darinya.

Sementara itu, Fikri mengatakan, sebagai pejabat baru, ia meminta bimbingan dan arahan dari para senior terutama Kakanwil dan Kadivpas. Terlebih lagi, katanya, orang yang digantikan adalah pejabat yang menjabat dalam waktu cukup lama. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru