Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belasan Kades Dikumpulkan di Polsek Kapuas Kuala, Ada Apa

  • 25 Oktober 2017 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 13 orang kepala desa (Kades0 di Kecamatan Kapuas Kuala dikumpulkan di Mapolsek Kapuas Kuala, Rabu (25/10/2017). Mereka datang atas undangan Kapolsek Kapuas Kuala Iptu Juhri Muhammad.

"Para kepala desa ini kami kumpulkan di polsek untuk menindaklanjuti kerjasama (MoU) antara Kapolri, Mendagri dan Menteri Desa PDTT berkaitan dengan tugas Polri dalam hal ini Babinkamtibmas untuk turut serta melakukan pelaksanaan, pengawasan dan pendampingan dana desa," kata Kapolsek Juhri saat dihubungi Borneonews melalui sambungan telepon.

Ia melanjutkan dengan adanya kerjasama itu, pihaknya mengingatkan kepada setiap kadesa bahwa dana desa itu sangat besar dan rawan korupsi. Babinkamtibmas juga akan berembuk dengan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat terkait rencana program pembangunan yang akan didanai dengan dana desa. "Yang kira-kira betul-betul bisa mengubah wajah desa itu, termasuk membangkitkan perekonomian masyarakat," tegas dia.

Menurut Juhri, program pembangunan yang menggunakan dana desa harus dimulai dengan penyerapan aspirasi warga. Kemudian disusun dalam APBDes dan baru dilaksanakan dalam bentuk program-program pembangunan. "Kades harus tetap melibatkan masyarakat, harus ada musyawarah desa. Sehingga semua masyarakat dilibatkan dan aspirasi mereka bisa ditampung," saran dia.

Meski ada kerjasama, tegas Juhri, pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan secara hukum apabila terjadi penyalahgunaan dana desa. Namun upaya itu menjadi solusi terakhir apabila polisi sudah melihat adanya niat buruk dan penyalahgunaan dana desa secara sengaja.

"Kita akan tindak tegas apa bila ada penyelewengan DD oleh kepala desa dan itu sebagai upaya memberikan efek jera bagi aparatur desa yang mau bermain-main dengan penggunaan DD tersebut," tegas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru