Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDM Rendah Menjadi Kendala Lambatnya Penyaluran Dana Desa

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 26 Oktober 2017 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sumber daya manusia (SDM) perangkat desa yang rendah di Kabupaten Murung Raya (Mura) dianggap sebagai pemicu lambatnya penyaluran dana desa. Selain SDM, jarak dari desa ke ibu kota kabupaten juga menjadi kendala yang tidak bisa terbantahkan. "Secara umum kendala yang pertama masalah jarak, utamanya desa yang jangkauannya jauh. Yang kedua dari SDM yang masih dinilai kurang," ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Dommy Juan, Kamis (26/10/2018).

Dommy juga menyampaikan, pelaporan dana desa yang harus menggunakan sistem aplikasi menjadi sebuah tantangan, karena masih banyak perangkat desa yang belum paham dengan cara menggunakannya. "Untuk aplikasi pelaporan keuangan desa sendiri setiap tahun bahkan bulan bisa berubah, jadi caranya, kami akan sesering mungkin melakukan pelatihan maupun pembinaan," jelasnya.

Pembinaan dilakukan dengan langsung turun ke tiap kecamatan. Namun, untuk tahun ini cuma tiga desa yang bisa dilaksanakan karena terbentur dengan anggaran kegiatan.

Sementara itu, Dommy juga menjelaskan, semua desa di Mura sudah mencairkan dana desa tahun 2017 untuk tahap satu sebanyak 60%. Akan tetapi untuk penyelesaian pekerjaan di lapangan pihaknya belum ada mendapat laporan. "Pencairan tahap kedua sebesar 75 persen dari 116 desa sudah melapor dan semua sudah memenuhi syarat. Kita dari DPMD juga sudah melaporkan ke DPKAD, sementara DPDAD memasukan ke aplikasi," ungkapnya. (RISKI RIVALDO/B-2)

Berita Terbaru