Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Dana Rp8 Miliar Lagi, Untuk Tuntaskan Jembatan Sare Pulau

  • 26 Oktober 2017 - 19:09 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perlu dana sekitar Rp8 miliar untuk menuntaskan pembangunan Jembatan Sare Pulau yang rusak awal tahun 2016 lalu. Jembatan itu sangat penting karena menjadi akses penghubung Kelurahan Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh ke Kecamatan Kapuas Hilir yang dipisahkan Sungai Anjir Serapat.

"Tahun 2017 ini pada pertengahan Oktober lalu, kita sudah menyelesaikan 100 persen pembangunan pondasi kiri dan kanan jembatan tersebut. Nah untuk penyelesaian jembatan yang akan dibangun rangka baja itu, kita rencanakan akan tuntas tahun 2018 mendatang, dan diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp8 miliar," jelas Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas Teras kepada Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (26/10/2017).

Menurut Teras, rencananya tahun depan, pembangunan langsung dituntaskan dengan ukuran jembatan lebih lebar dari ukuran semula.

"Untuk dana kita usulkan di DAK dengan harapan meringankan beban APBD Kapuas. Namun kalau pun tidak lolos, kita akan gunakan dana APBD Kabupaten Kapuas," ungkapnya.

Sebelumnya, pembangunan jembatan tersebut menggunakan tiang pancang dengan pondasi beton bertulang dengan kedalaman bervariasi antara 40 sampai 50 meter, tergantung struktur tanah dan kekerasan tanah tempat pondasi dipasang. Dalam satu lokasi pemancangan pondasi tiang jembatan dari Sare Pulau ke Kelurahan Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir masing-masing ada 12 titik. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru